Tindaklanjuti Edaran Kemenkes, Polsek Sei Beduk Imbau Apotek Tidak Jual Obat Sirup Anak-Anak dan Balita

 

Kanit Reskrim Polsek Sei Beduk Iptu Yustinus Halawa, S.H.,M.H melakukan pengecekan ke apotek di wilayah Sei Beduk. (Foto: Isp)
INSPIRASIKEPRI.COM | BATAM - Polsek Sei Beduk turun ke lapangan mengimbau kepada para pelaku usaha obat-obatan untuk tidak menjual obat sirup untuk anak-anak dan balita sesuai edaran Kemenkes RI, Jumat (21/20/2022).

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang penggunaan maupun penjualan obat-obatan dalam bentuk cair atau sirup yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG).

Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Kesehatan nomor SR.01.05/III/3461/2022 tertanggal 20 Oktober 2022 melarang penjualan obat sirup usai temuan kandungan berbahaya yang diduga memicu gagal ginjal akut.

Dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Sei Beduk Iptu Yustinus Halawa, S.H.,M.H bersama unit opsnal dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Mangsang Aipda Tomy Harles, Polsek Sei Beduk mengimbau sejumlah apotek dan toko obat di wilayah Kecamatan Sei Beduk.

Dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas Kelurahan Mangsang, memberikan himbauan kepada para pelaku usaha obat untuk tidak menjual obat sirup mengandung EG (Etilen Glikol) melebihi ambang batas aman.

Adapun lima jenis obat dilarang dalam peredaran sesuai ketentuan yang berlaku diantaranya

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan botol plastik 60ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan botol plastik 60ml.

3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan botol plastik 60ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan botol 60ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan botol 15ml.

Kapolsek Sei Beduk AKP Betty Novia mengatakan, kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat agar tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Kelurahan Mangsang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Kota Batam khususnya Kecamatan Sungai Beduk untuk tidak mengkonsumsi obat sirup yang telah dilarang atau ditarik izin peredarannya. Silahkan dapat berkonsultasi dengan dokter, Puskesmas atau Rumah Sakit sebelum mengkonsumsi obat. Kami sudah sampaikan agar Apotek tidak menjual dan menggunakan beberapa Paracetamol Sirup yang sudah ditarik peredarannya oleh BPOM," pungkasnya. (Isp)

Tags :

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.