Permohonan Paspor Meningkat, Imigrasi Batam Terus Tingkatkan Pelayanan

 

Doni Purwoko, Kasi dokumen perjalanan Imigrasi Batam. (Foto: Yun)
INSPIRASIKEPRI.COM | BATAM - Semenjak diberlakukannya masa berlaku paspor hingga 10 tahun, jumlah permohonan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam meningkat hingga 70 persen perhari.

Namun demikian, dengan meningkatnya permohonan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam akan tetap meningkatkan pelayanan dengan maksimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Doni Purwoko selaku Kasi dokumen perjalanan Imigrasi Batam saat ditemui di Media Center, Imigrasi Batam, pada Rabu (23/11/2022).

"Tentunya, Imigrasi Batam kedepannya akan meningkatkan pelayanan. Apa yang menjadi keluhan masyarakat akan menjadi masukan ke kami untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan," ujar Doni.

Sementara itu, lanjut Doni, terkait ruang pelayanan yang sempit, mengingat dengan meningkatnya volume permohonan paspor, otomatis kami juga berupaya untuk meningkatkan ruang pelayanan lebih nyaman lagi untuk pemohon.

Dalam artian, ada perombakan bangunan dan sebagainya. Namun, semua berkaitan dengan anggaran dan saat ini sudah diusulkan, bahkan kedepannya kita juga bisa merenovasi khususnya ruang pelayanan supaya lebih nyaman lagi.

Doni menambahkan, semenjak diberlakukannya masa berlaku paspor hingga 10 tahun, untuk permohonan paspor perhari mengalami lonjakan sampai dengan 40 hingga 50 pemohon, kalau dipersentasekan mengalami peningkatan sampai 70 persen.

"Kita juga ada pelayanan yang namanya e-paspor. Pemohon bisa mengupload berkas persyaratan secara mandiri, bisa langsung melakukan pembayaran dan pemohon bisa menentukan jadwalnya kapan," ungkap Doni.

Namun, sekali lagi kita berbicara dengan sistem terkadang ada kendala, tapi bukan berarti menjadi suatu halangan untuk bisa membantu masyarakat. Justru ini menjadi pemicu kami untuk segera membenahi kesisteman maupun ruang pelayanan yang ada.

Harapannya, kedepan masyarakat bisa lebih memahami lagi terkait antrian e-paspor karena hal ini lebih memudahkan dan sebagai upaya Imigrasi Batam untuk memutus mata rantai percaloan yang ada.

Sementara itu, Abdullah warga Sungai Panas dan juga Dosen Ibnu Sina Batam menyampaikan, dirinya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas Imigrasi Batam.

"Untuk pelayanan Imigrasi Batam sangat puas dan tidak ada kendala, antrian pun lancar," ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Gress salah satu warga Punggur mengatakan, pelayanannya baik kalau kendala tidak ada. Namun, tempat antrian diluar kalau bisa diperbaiki soalnya kalau hujan basah. (Yun)


[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.